picture picture
Selasa, 25 Mei 2010 Posted in: , 10 Responds

Aplikasi Open Source yang Wajib Dimiliki

Aduuh...katanya materi mau dikirim ke email hari Senin...tapi nyatanya, sampai sekarang tanggal 25 Mei 2010 masih belum ada satupun pesan di inbox saya dari Panitia Lomba. Apa boleh buat... mungkin mereka sedang sibuk dengan acara lainnya, saya maklumi deh. Daripada blog ini kosong mending diisi ama tulisan yang mestinya dapat bermanfaat untuk sobat semua (maksa dikit). Mau diisi apaan terserah yang punya blog, yang penting ASAL NULIS.

Sobat pasti sudah mengenal Open Source kan ? jika belum saya akan memberi sedikit penjelasan,
Open Source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Wikipedia.
Aplikasi Open Source adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya (source code) terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan. Wikipedia.

Dari dua pengetian diatas dapat disimpulkan bahwa Open Source = GRATIS, gratis berarti kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Gratis bukan berarti jelek, walaupun gratis Aplikasi Open Source tidak kalah hebat bila dibandingkan dengan Aplikasi yang berbayar dengan harga segunungnya.


Gimana, sobat sudah tau sekarang apa itu Open Source dan Apa itu Aplikasi Open Source ? Kalo sudah mari kita lanjutkan (mumpung belum jam 9). Saya akan menuliskan beberapa  Aplikasi Open Source yang wajib anda miliki dan tidak kalah dengan aplikasi berbayar.

Office : Open Office
Sobat pasti sudah mendengar atau memakai aplikasi ini. Jika anda mencari alternatif pengganti MS Office, aplikasi ini adalah pilihan tepat. Karena semua fitur yang dimiliki MS Office ada di OpenOffice.

Graphic Editor : GIMP
Untuk sobat yang sering mengolah gambar, GIMP adalah salah satu aplikasi Open Source terbaik di bidangnya. Aplikasi ini memiliki tool tool yang terdapat di Adobe PhotoShop. Ada yang bilang Aplikasi ini lebih bagus ketimbang PS lho.

Vector Graphic Editor : Inkscape
Tahu CorelDraw dan Illustrator kedua software itu dikhususkan untuk mengolah gambar vektor. Jika kedua software tadi berbayar dan sobat tidak punya uang yang cukup, Inkscape adalah pilihan tepat sebagai pengganti kedua software tadi.


Audio Software : Audicity
adalah aplikasi pengolah audio yang paling terkenal diantara aplikasi gratis sejenisnya.

Browser : Firefox dan Opera
Dua browser ini pasti sobat sudah tahu banyak di bandingkan saya, jadi tidak usah dijelaskan lagi :D

Anti Virus : ClamWin, Avast! 4 Home Edition, AVG Free Advisor, ClamAV
Ada banyak anti virus yang gratis tapi performa bagus tersebar di internet, silahkan sobat googling sendiri.

Untuk aplikasi diatas dapat didownload di :
http://sourceforge.net/  dan untuk server lokal bisa di http://kambing.vlsm.org

Sebenarnya masih ada banyak Aplikasi Open Source yang keren keren, sayangnya saya tidak dapat menyebutkannya satu persatu. Tulisan ini bukan untuk menjerumuskan sobat memakai aplikasi Open Source, tapi tulisan ini hanya sebagai informasi yang diberikan oleh seorang anak kelas satu SMK yang tidak tahu apa apa.

10 Responses to “Aplikasi Open Source yang Wajib Dimiliki”

  1. BeDa says:

    Open Source memang memiliki kelebihan tersendiri. Selain gratis, ia juga bisa dimodif. Iya kan?

    Salam ukhuwah

  1. akhatam says:

    Wahhh dapet referensi yang Patut dicoba... Tx gannn!!

  1. Hehe,gw baru tw ne,makasi info'x,jd nambah ilmu blogging gw..
    Mkasi ea sob!

  1. aku juga pengguna open source bozzz.....trims ea

  1. stuju!!! mari kita gerakkan anti piracy... karena banyak skali orang Indonesia, bangsa kita melakukan piracy sampai2 di blacklist negara lain

  1. robby says:

    Wah.. postingan bagus sob... cocok bwat saya yg masih pemula didunia blogging... keep walking

  1. ToPu says:

    Yup, GOES opensource.....
    Gratis tapi juga tak kalah fitur dari yang berbayar...

  1. mufied says:

    Thnks dah infonya sob !!!!

  1. KangTiar says:

    Terima Kasih banget Infonya

  1. Thanks infonya sob.
    ni lagi nge-cek Open Source yang belum di miliki, biar langsung di unduh.